Format Baru Ujian Nasional Tahun 2011

Ujian Nasional 2011 yang dilaksanakan saat ini mempunyai format yang berbeda dibandingkan dengan penyelenggaraan UN sebelumnya.

Format baru ini diberlakukan untuk menjawab berbagai kritikan berbagai kalangan yang mengatakan bahwa Ujian Nasional pada tahun-tahun yang lalu banyak merugikan peserta didik. Hasil belajar selama 3 tahun lamanya hanya diukur dari satu momen saja yaitu ujian nasional, sehingga jangan heran jika banyak peserta didik yang cuma menemukan kekecawan diakhir penantian untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena tidak lulus ujian nasional. Tak hanya itu, Ujian Nasional sebagai satu-satunya penentuan kelulusan tidak valid untuk dilaksanakan karena tidak meratanya pendidikan. Data di pusat bisa saja mengatakan bahwa pendidikan telah merata di tanah air ini, namun mereka tidak pernah terjun langsung ke daerah-daerah untuk meninjau pelaksanaan proses pendidikan yang masih sangat menyedihkan. Di kota semakin pintar karena tunjangan fasilitas-fasilitasnya sementara di desa-desa semakin tertingggal karena keterbatasan fasilitas. Di manakah keadilan pendidikan di negeri ini?

Tahun ini, pelaksanaan Ujian Nasional telah mampu menyerap aspirasi dari berbagai kalangan. Format baru yang dijalankan akan lebih memudahkan peserta didik untuk menjalaninya. Nilai Ujian Nasional tidak lagi merupakan satu-satunya tolak ukur penentuan kelulusan, tapi Nilai UN tersebut akan diakumulasikan (digabungkan) dengan nilai sekolah. Peserta didik yang mempunyai nilai rata-rata sekolah yang bagus akan sangat membantu nilai hasil ujian nasional sehingga beban akan lebih berkurang. Sehingga bagi peserta didik yang masih duduk di kelas X dan kelas XI untuk lebih giat belajar untuk mencapai nilai sekolah yang lebih baik dari sebelumnya karena akan sangat membantu kelulusan akhir. Jika format baru ini sukses dilaksanakan maka sangat pantas untuk dipertahankan, kalaupun masih didapati kekurangan maka kewajiban pemerintah untuk memperbauinya.

Pelaksanaan UN 2011 untuk SMA/SMK/MA yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 21 April, menurut penuturan Mendiknas berlangsung tanpa adanya kecurangan. Pengaduan masalah UN pun menurun menjadi 105 pengaduan. Ini berarti pelaksanaan UN tahun ini lebih baik dari pelaksanaan UN sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: